Sekitar sebulan yang lalu saya mengikuti Tes yang diadakan oleh ECC UGM untuk proses seleksi Karyawan dan beasiswa ikatan dinas PLN.Alhamdulilah saat ini saya sudah mencapai tahap wawancara.di Tes Tahap ke tiga yaitu psikotes yang meliputi papikostik,kraepelin,wartegg .Awalnya saya juga tidak mengetahui bentuk tes apakah ini?

Sekarang saya bagi-bagi pengalaman untuk tes Kraepelin,.pada waktu tes ini saya diberikan selembar kertas ukuran kertas Koran yang isinya bolak-balik penuh dengan angka-angka.peraturan tesnya yaitu kita hanya disuruh menjumlahkan angka di atas dan di bawah yang hasilnya di taruh di tengah-tengah(untuk lebih jelas nanti saya beri contoh),kemudian setiap beberapa menit pengawas ujian akan memerintahkan untuk menggaris di lembaran, maka peserta wajib menggarisnya.(untuk menandakan telah sampai mana pengerjaannya)
Contoh bentuk soal tesnya

4 5

9 7

5 2

3 6

8 4

9 2

1 8

0 5

9 7
Angka yang saya cetak tebal adalah jawaban dari soal bentuk Kraepelin,susunan soal kraepelin yaitu angka-angka yang memanjang hingga ke bawah kemudian setelah mencapai batas bawah dimulai menjawab kembali dari atas kolom beikutnya dengan lembar soal sebesar kertas Koran bolak-balik dan waktu yang terbatas.

Pembasan di [1,1] kolom pertama baris pertama dan [1,2] kolom pertama baris ke dua terdapat angka 4 dan 5,tugas anda hanya menjumlahkan bilangan tersebut dan menuliskannya di tengah-tengah kolom ke pinggir sedikit.. 4 + 5 = 9,,dan untuk kasus 1 + 9 = 0, 4+8 = 2, karena yang diminta jawaban hanya dalam bentuk satuan.untuk lebih jelas tentang contoh tes ini cek aja di KRAEPELIN-PAULI tes

Menurut saya pribadi tampak jenis tes seperti ini untuk melihat dan mengukur seberapa jauh Tingkat konsentrasi,kestabilan,performa kerja dan bagaimana menghadapi kerja dibawah tekanan.

Karena dalam tes ini kami tidak mengetahui waktu yang diberikan dan kami berlomba-lomba untuk mengisi sebanyak-banyak dan tidak lupa menggaris ketika pengawas ujian memerintahkan (ketika menggaris tanpaknya dsini akan dilihat tingkat grafik perfoma kerja apa cenderung meningkat,menurun atau stabil?),untuk perhitungan( dilihat tingkat konsentrasi dan pengaruh tekanan kerja)

Saran saya dalam tes kraepelin:

1.Konsentrasi pada lembar jawaban sendiri,jangan terpengaruh dengan peserta ujian yang lain,walaupun mereka telah mengerjakan dengan sangat cepat,karena belum tentu mereka lebih teliti.

2.Cermat dan teliti

3.Buatlah dan pertahankan Ritme pengerjaan (jika anda sudah mendapatkan ritmenya,maka akan terasa lebih mudah)

semoga bermanfaat..
sumber : hakiiem.wordpress.com/2009/01/29/tes-pauli-kraepelin/
Asyik Maria eva ikut koment soal lunmay

Tips Trik ini saya kasih judul
Buat Form Penjumlahan Angka Psikotes Pauli and Kreaplin di Ms.Word

agan2 mohon maap kalo repost ya, tapi ini kayanya blom pernah ada yang sharing, ane kasih clue nya dulu mungkin.. ada yang pernah liat angka bejibun di kertas A3 yang kaya gini gan???



pasti dong :maho

siapa tau disini masih ada yang nganggur dan ga lolos2 sama tes ini kaya saya yang pengangguran juga :nohope:

langkah pertama gan :D


1. pertama buka ms.office word dulu pastinya.
2. setelah itu tekan tombol pada keyboard kamu ALT+F11, nanti akan muncul window baru microsoft visial basic seperti gambar dibawah.
3. lalu pada window yang baru (Ms. Visual basic) cari insert>module
4. Setelah itu masukan code script nya pada kolom module yang sudah dibuat, dengan code dibawah ini yang sudah saya warnai biru :

Code:
Sub PsikoNumGenerator()


Randomize Timer

theEnd = InputBox("Jumlah angka yang akan dibuat", "Jumlah Angka")

If Not IsNumeric(theEnd) Then Exit Sub

If Int(theEnd) = 0 Then Exit Sub

For i = 1 To theEnd

theText = theText & vbTab & Int(Rnd(i) * 10)

Next

Selection.TypeText Text:=theText

End Sub






5. jika sudah selesai memasukan code diatas yang saya warnai biru, silahkan kembali ke ms.word, lalu tekan tombol > ALT+F8 pada keyboard

nanti muncul nya kaya gini :D

6. setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah, silahkan run > lalu masukan angka yang ingin kamu taru misal 5000 angka or 2000 angka terserah kamu :D
selamat mencoba ya, meskipun angkanya ga begitu sama kemungkinannya, tapi lumayan untuk melatih ketenangan dan biasa dengan tes ini. selamat mencoba dan semoga lulus tes psikotesnya ya... saya juga nganggur sama2 doain dapet kerja

kalo masih ribet silahkan ke generatornya langsung aja deh, tapi menurut saya sih enakan bikin sendiri, tinggal save trus print deh kalo ada panggilan besok

silahkan ke halaman ini kalo mau pake generatornya :
angka penjumlahan generator
semoga bermanfaat ya gan :D
semoga ane yang nganggur and yg senasib sama gw cepet dapet kerjaan :D